Cara Mendaftar atau Membeli Domain Baru

Anda yang benar-benar baru mengenal intenet dan ingin memiliki website atau blog sendiri yang bukan gratisan mungkin belum tau caranya mendaftar atau membeli domain baru. Berikut ini cara mendaftar atau membeli domain baru di tempat registrasi domain yang sudah populer. Sebelumnya Anda mesti menyiapkan antara lain:

  • Alamat email, bisa menggunakan fasilitas email gratis dari Google (Gmail), Yahoo atau lainnya.
  • Memiliki akun kartu kredit untuk pembayaran pendaftaran domain tersebut. Bila tidak memiliki kartu kredit atau tidak mau menggunakan kartu kredit bisa menggunakan PayPal. Bila Anda belum memiliki akun Paypal silahkan daftar dulu, gratis kok.
  • Menyiapkan hosting sendiri karena domain yang kita beli hanya domain/namanya saja. Anda akan tetap membutuhkan hosting sebagai tempat menyimpan file website/blog.

Registran domain ada banyak di internet. Pada saat membeli atau memesan hosting baru, biasanya kita akan diberikan satu domain sebagai bonus. Untuk mudahnya pengelolaan domain ke depan dan mengantisipasi bila besok-besok kita akan memiliki banyak domain dan hosting di beberapa tempat sebaiknya Anda tidak membeli domain di penyedia hosting.
Cara Mendaftar atau Membeli Domain Baru

Ada dua penyedia domain registration populer yang sudah terkenal dengan layanan, fitur dan sistemnya yang baik yakni:

  1. GoDaddy.com
  2. NameCheap.com

Berikut ini cara dari mulai mencari sampai mendaftarkan domain di GoDaddy.com. Bila Anda membelinya di tempat lain, bukan di GoDaddy caranya kurang lebih sama.
  • Buka GoDaddy.com di browser Anda. Silahkan login ke akun GoDaddy. Bila belum mendaftar GoDaddy, silahkan daftar dulu, Anda tidak perlu membayar untuk daftar.
  • Setelah login, akan muncul jendela dengan kotak pencarian yang agak besar seperti di bawah. Silahkan masukkan nama domain yang Anda inginkan. Misalnya Anda ingin domain tipsiphone.com cukup ketikkan saja ‘tipsiphone’ tanpa spasi. Apabila ternyata sudah ada yang mendahului kita mendaftarkan domain/nama tersebut berarti kita tidak bisa lagi menggunakannya. Anda bisa memilih domain lainnya dengan .org, .net dll bila ingin, itupun juga kalau masih available. Jika tidak, Anda boleh mencoba mencari nama lain sesuai dengan yang Anda mau. Bila dengan satu kata misalnya sudah ada yang mengambil, boleh dicoba dua kata atau kombinasi nama lain, misalnya untuk contoh di atas kita coba klikiPhone.com, kemungkinan besar masih tersedia.
  • Jika tersedia, perhatikan lagi siapa tau ada salah ketik karena biasanya, tak jarang karena saking senangnya bisa menemukan nama domain yang diinginkan sampai terburu-buru melakukan pembayaran padahal ada typo atau salah ketik.
  • Setelah yakin dengan nama domain tersebut, Anda bisa langsung menekan tombol ‘Continue to checkout’ di sebelah kanan. Jika masih ingin mendaftarkan nama domain lainnya, silahkan Add dulu domain sebelumnya.
  • Pada saat checkout, Anda akan ditawarkan beragam jasa dari GoDaddy, silahkan diabaikan saja dengan mengklik ‘Continue’ atau ‘No, Thanks’ dan langsung ke checkout. Silahkan pilih pembayaran ’1 Year’ dan pilih ‘public’.
  • Anda bisa mendapatkan harga diskon bila memasukkan kode kupon yang masih valid. Untuk mencari coupon code discount ini, Anda bisa search di Google. Masukkan kode kupon lalu ‘Apply’. Lumayan, biasanya bisa hemat 3-5 dollar dengan menggunakan kupon diskon ini.
  • Silahkan pilih pembayaran Anda apakah menggunakan PayPal atau kartu kredit. Bila membayar melalui PayPal Anda akan diminta login ke PayPal. Sedangkan bila menggunakan kartu kredit Anda mesti memasukkan data kartu kredit sebelumnya.

No comments:

Post a Comment